Asal Ajakan Nama Hari Dari 3 Bahasa Dunia

Pernahkah Anda berpikir dan bertanya dari mana sebutan nama-nama hari yang biasa kita ucapkan dalam kehidupan. Mengapa ada nama hari minggu, senin, selasa, dan seterusnya? Darimana asal penyebutan itu? Bagaimana sejarah dan asal permintaan nama hari di dunia maupun di Indonesia?

Asal Usul Nama Hari dalam Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, nama hari disebut dengan urutan Sunday, Monday, Tuesday, dan seterusnya. Nama-nama hari ini bergotong-royong berasal dari periode ke 1 sebelum Masehi, tepatnya dari budaya dan kepercayaan masyarakat di masa kerajaan Romawi. Pada masa itu, orang-orang percaya bila langit terbagi menjadi 7 lapis. Setiap lapisan langit ini dijaga oleh para dewa.


Adapun nama-nama hari tersebut bergotong-royong merupakan perwujudan dari nama-nama yang kuasa yang ada dalam kepercayaan masyarakat romawi. Untuk lebih jelasnya, simaklah tabel asal permintaan nama hari dalam bahasa Inggris berikut ini:
Nama Hari Asal Usul
Saturday Berasal dari nama yang kuasa saturnus, yang kuasa penjaga langit pertama yang menjaga kelangsungan hidup di bumi. Saturnus juga diwujudkan sebagai salah satu nama planet di tata surya.
Sunday Berasal dari nama yang kuasa matahari (Sun).
Monday Berasal dari nama yang kuasa bulan (Moon).
Tuesday Berasal dari nama yang kuasa mars atau yang kuasa perang. Nama mars sendiri mempunyai nama Anglo-saxon Tiw.
Wednesday Berasal dari kata Wodens Day atau hari untuk yang kuasa merkurius atau yang kuasa perdagangan. Wodens sendiri berasal dari nama Anglo-saxon yang kuasa perdagangain ini.
Thursday Berasal dari kata Thor’s Day atau hari untuk yang kuasa Thor atau yang kuasa petir dalam kepercayaan masyarakan Romawi dan Yunani Kuno.
Friday Berasal dari kata Freyja’s day atau hari untuk Dewi Venus (Freyja) atau Dewi kecantikan.

Asal Usul Nama Hari dalam Bahasa Arab

Penyebutan nama hari dalam bahasa Arab diubahsuaikan dengan urutan hitungannya. Hari pertama (wahidun), hari kedua (Isnain), hari ketiga (salasatun), hari keempat (arba’atun), hari kelima (khamsatun), hari keenam (Jumuah = diubahsuaikan dengan perintah sholat Jumat), hari ketujuh (sab’atun).

Asal Usul Nama Hari dalam Bahasa Indonesia

Perdagangan dimasa silam yang terjadi antara masyarakat Melayu dan bangsa Arab telah menciptakan Indonesia mengadopsi sistem nama hari yang berasal dari zajirah Arab. Namun, nama hari tersebut dirubah dan diubahsuaikan dengan pengecap baangsa melayu pada umumnya. Hari pertama (wahidun) disebut ahad, hari kedua (isnain) disebut senin, hari ketiga (salasatun) disebut selasa, hari keempat (arbaatun) disebut rabu, hari kelima (khamsatun) disebut khamis atau kamis, hari enam (jummuah) disebut Jumat, dan hari ketujuh (sabatun) disebut sabtu,

Nah, demikianlah asal permintaan nama hari dari beberapa kebudayaan di dunia. Semoga sanggup memperkaya wawasan kita semua.
Sumber http://kisahasalusul.blogspot.com/