Sejarah Perkembangan Islam Di Indonesia + Peta Penyebarannya

Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia - Sejak awal kurun Masehi, wilayah Indonesia telah banyak didatangi oleh para pedagang dari aneka macam negara. Hal ini alasannya ialah Indonesia merupakan rangkaian korelasi perdagangan dan pelayaran antara Asia Barat, Asia Selatan, dan Asia Timur. Seiring dengan makin berkembangnya korelasi perdagangan dan pelayaran, maka agama Islam yang lahir di jazirah Arab pada awal kurun ke 7 Masehi segera menyebar melalui jalur perdagangan. Para pedagang Arab, Persia, dan Gujarat (India) yang sudah menganut agama Islam lebih dulu, selain berdagang, mereka juga aktif membuatkan agama Islam kepada masyarakat di daerah yang mereka kunjungi dan memulai sejarah perkembangan Islam di Indonesia.

Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia

Pada kurun ke 7 Masehi, agama Islam sudah masuk ke wilayah Indonesia. Daerah yang pertama kali mendapatkan imbas Islam ini ialah Samudra Pasai yang letaknya berada di pesisir Aceh Utara. Pengaruh Islam makin meluas di kalangan masyarakat terutama di daerah pesisir. Samudra Pasai berkembang sebagai sentra perdagangan dan kerajaan Islam pertama di Indonesia pada tahun 1285.

 wilayah Indonesia telah banyak didatangi oleh para pedagang dari aneka macam negara Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia + Peta Penyebarannya
Daerah lain yang banyak dikunjungi oleh para pedagang muslim ialah Malaka. Malaka memiliki letak yang sangat strategis dalam korelasi perdagangan dan pelayaran Asia Barat, Asia Selatan, dan Asia Timur. Malaka menjelma sentra perdagangan terbesar di daerah Asia Tenggara. Akibatnya, agama Islam berkembang pesat di wilayah ini. Dari Malaka, sejarah perkembangan Islam di Indonesia pun dimulai. Islam tersebar luas ke aneka macam wilayah antara lain Pulau Jawa, Sumatera Selatan, dan Kalimantan Barat.

Pada tahun 1511, Malaka jatuh ke tangan Portugis. Para pedagang muslim banyak yang mengalihkan rute perdagangan dan pelayaran. Mereka tidak lagi berdagang di  Bandar Malaka. Para pedagang muslim lebih menentukan Aceh sebagai tempat persinggahan perdagangannya. Dari Aceh mereka melaksanakan acara perdagangan di sepanjang Pantai Barat Sumatera melewati Selat Sunda dan risikonya hingga di Pantai Utara Pulau Jawa. Sampai kurun ke 18, agama Islam sudah tersebar luas di aneka macam wilayah di Indonesia, namun belum semua wilayah itu mendapatkan imbas Islam.

1. Perkembangan Islam di Sumatera

Di wilayah Sumatera, Islam mulai masuk ketika zaman kekuasaan Sriwijaya pada kurun ke 7 Masehi. Ketika Sriwijaya mengalami kemunduran pada kurun ke 11, sejarah perkembangan Islam di Indonesia melaju dengan sangat pesat. Hingga pada kurun ke 18, hampir semua wilayah di pantai Sumatera mendapatkan imbas Islam termasuk daerah pedalamannya menyerupai Batak, Nias, Mentawai, dan sebagian daerah Bengkulu.

 wilayah Indonesia telah banyak didatangi oleh para pedagang dari aneka macam negara Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia + Peta Penyebarannya

2. Perkembangan Islam di Pulau Jawa

Di wilayah Pulau Jawa, Islam sudah mulai masuk pada kurun ke 7 Masehi. Sejarah perkembangan Islam di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa mengalami perkembangan pesat ketika Majapahit mulai mengalami kemunduran pada awal kurun ke 15 Masehi. Seluruh wilayah di Pulau Jawa hingga kurun ke 18 telah mendapatkan imbas Islam. Agama Islam pertama kali berkembang di daerah pesisir utara Jawa. Kota-kota pelabuhan di daerah pesisisr utara menjelma sentra pengembangan islam, antara lain Gresik, Surabaya, Tuban, Jepara, Demak, Cirebon, dan Banten. Dari pulau Jawa, terutama dari Gresik dan Demak, agama Islam menyebar ke aneka macam wilayah menyerupai Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku.

3. Perkembangan Islam di Kalimantan

Di wilayah Kalimantan, Islam mulai masuk pertama kali di Kalimantan Barat (Sukadana) pada awal kurun ke 16 yang dibawa oleh pedagang muslim dari wilayah Sumatera. Di Kalimantan Selatan, Islam mulai masuk pada tahun 1550 dari Demak, sedangkan di wilayah Kalimantan timur mendapatkan imbas Islam dari Makasar pada tahun 1575. Daerah sepanjang pantai Pulau Kalimantan hingga dengan kurun ke 18 telah mendapatkan imbas Islam, sedangkan daerah pedalamannya belum tergoda sama sekali.

4. Perkembangan Islam di Sulawesi

Di wilayah Sulawesi, imbas Islam mulai muncul pada kurun ke 16. Wilayah pertama yang mendapatkan imbas Islam ialah Gowa. Dalam sejarah perkembangan Islam di Indonesia, penyebar agama Islam yang populer di daerah itu ialah Dato’ RI Bandan dan Dato’ Sulaiman. Dari wilayah Gowa, Islam menyebar ke wilayah Gorontalo. Wilayah Sulawesi Tenggara menerima pengaruh Islam dari Ternate. Wilayah di Sulawesi hingga kurun ke 18 yang menerima imbas Islam makin meluas. Hanya wilayah Sulawesi Tengah (Toraja) dan Sulawesi paling utara-lah yang belum dipengaruhi oleh Islam.

5. Perkembangan Islam di Maluku dan Papua

Wilayah Maluku mendapatkan imbas Islam dari Pulau Jawa, terutama dari Gresik pada pertengahan kurun ke 15 Masehi. Islam mulai berkembang di Ternate dan Tidore yang kemudian menyebar ke aneka macam wilayah di Maluku. Pengaruh Islam di Maluku hingga dengan kurun ke 18 makin meluas ke aneka macam pulau. Namun, Pulau Seram bab timur dan pulau-pulau sebelah timurnya belum dipengaruhi Islam.

 wilayah Indonesia telah banyak didatangi oleh para pedagang dari aneka macam negara Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia + Peta Penyebarannya
Selain dipengaruhi Islam, wilayah Maluku juga dipengaruhi oleh agama Kristen yang sangat kuat. Penyebaran Islam ke wilayah Papua sudah dimualai semenjak kurun ke 17 namun mengalami kendala alasannya ialah kuatnya kepercayaan lama. Sampai dengan kurun ke 18 wilayah Papua belum dipengaruhi Islam.

6. Perkembangan Islam di Nusa Tenggara

Agama Islam masuk ke wilayah Nusa Tenggara alasannya ialah dibawa oleh para pedagang Bugis dari Sulawesi Selatan dan pedagang dari Jawa semenjak kurun ke 16. Adapun dalam sejarah perkembangan Islam di Indonesia di daerah sekitar Nusa Tenggara yang paling pesat terjadi di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Di Pulau Sumbawa telah bediri kerajaan Islam yang berpusat di Bima. Di Nusa Tenggara hingga kurun ke 18 Islam masih belum banyak kuat kecuali di kedua pulau itu. Wilayah Indonesia bab timur menyerupai Bali, Sumbawa, dan Flores juga sama.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai sejarah perkembangan Islam di Indonesia beserta periodisasinya. Semoga sanggup menambah pengetahuan kita perihal khasanah penyebaran Islam di nusantara.
Sumber http://kisahasalusul.blogspot.com/