4 Tokoh Seni Rupa Indonesia Yang Sangat Dikenal Dunia

Nenek moyang Indonesia dikenal mempunyai jiwa seni yang tinggi. Ini dibuktikan dari aneka macam peninggalan kebudayaan yang sampai kini masih sanggup kita nikmati, contohnya rumah adat, senjata tradisional, dan lain sebagainya. Adapun pada perkembangannya, jiwa seni nenek moyang kita ternyata secara turun temurun mengalir dengan sangat konkret pada beberapa orang yang kemudian menjadi tokoh di republik ini, tokoh seni rupa Indonesia.

Tokoh Seni Rupa Indonesia

Ada banyak seniman yang terlahir dari bangsa Indonesia. Tak cukup tentu jikalau semuanya dicatatkan pada artikel kali ini. Oleh sebab itu, kami hanya menuliskan beberapa di antaranya yang mungkin bisa mewakili betapa hebatnya bangsa ini dalam membuat sebuah kesenian yang disukai dunia. Berikut ialah beberapa tokoh seni rupa Indonesia yang kami maksud tersebut.

Nenek moyang Indonesia dikenal mempunyai jiwa seni yang tinggi 4 Tokoh Seni Rupa Indonesia yang Sangat Dikenal Dunia

1. Basuki Abdullah (Pelukis)

Basuki Abdullah seorang tokoh seni rupa Indonesia yang lahir di Surakarta, 27 Januari 1915. Ia merupakan salah seorang pelukis maestro dengan aliran seni rupa realis dan naturalis. Meninggal pada umur 78 tahun tepatnya pada 5 November 1993, ia pernah diangkat menjadi salah seorang pelukis resmi istana negara pada masa kepemimpinan presiden Soeharto. Karya-karya yang terlahir dari tangannya begitu dikenal sampai ke seluruh penjuru dunia. Lukisannya menjadi barang buruan langka yang dicari oleh banyak orang. Beberapa pola lukisan yang pernah dibentuk olehnya antara lain berjudul Lukisan "Kakak dan Adik" (1978) dan Lukisan "Balinese Beauty" (1976).


2. Affandi Koesoema (Pelukis)

Affandi Koesoema ialah pelukis indonesia pertama yang membawa nama baik bangsa indonesia di mata dunia. Ia ialah seorang pelukis maestro yang lahir di Cirebon, tahun 1907. Karya-karyanya sangat familiar di dunia internasional sebab selain mempunyai nilai estetis yang tinggi, lukisan yang dibentuk Affandi juga seing dipamerkan melalui pameran-pameran tunggal yang diadakannya di aneka macam belahan dunia menyerupai Inggris, India, Eropa, dan Amerika. Tokoh seni rupa Indonesia ini juga terbilang sangat produktif. Selama masa hidupnya (meninggal 23 Mei 1990), ia telah menghasilkan > 2000 lukisan indah yang sebagian besar kini telah laris terjual. Beberapa karya seni rupa 2 dimensi berupa lukisan yang pernah dibuatnya antara lain poster propaganda Boeng, ajo, Boeng! tahun 1945.

Nenek moyang Indonesia dikenal mempunyai jiwa seni yang tinggi 4 Tokoh Seni Rupa Indonesia yang Sangat Dikenal Dunia

3. F. Widayanto (Keramikus)

F. Widayanto ialah seorang keramikus populer lulusan Institut Teknologi Bandung. Berbagai karya keramik yang dibuatnya sangat disukai konsumen mancanegara. Diawali tahun 1983, ia membangun bisnisnya dalam dunia seni rupa sampai hasilnya meraih sukses dan bisa bekerja sama dengan Kobayashi, sebuah perusahaan importir Jepang untuk barang-barang kesenian dan pecah belah.

Nenek moyang Indonesia dikenal mempunyai jiwa seni yang tinggi 4 Tokoh Seni Rupa Indonesia yang Sangat Dikenal Dunia

4. I Nyoman Nuarta (Pematung)

I Nyoman Nuarta ialah pematung asal Indonesia yang lahir di Bali, 14 November 1951. Ia dikatakan sebagai salah satu tokoh seni rupa Indonesia, selain sebab karya-karya patungnya yang keindahannya menguncang, juga sebab ia menjadi salah satu penggagas Gerakan Seni Rupa Baru pada tahun 1976. Beberapa mahakaryanya yang sangat dikenal antara lain Monumen Jalesveva Jayamahe (Surabaya), Patung Garuda Wisnu Kencana (Badung, Bali), serta Monumen Proklamasi Indonesia (Jakarta).

Nenek moyang Indonesia dikenal mempunyai jiwa seni yang tinggi 4 Tokoh Seni Rupa Indonesia yang Sangat Dikenal Dunia
Nah, demikianlah beberapa tokoh seni rupa Indonesia yang karya-karyanya dikagumi dan begitu dikenal oleh masyarakat dunia. Semoga kita semua bisa mencontoh rekam jejak dan kesungguhan mereka dalam berkarya. Amin.
Sumber http://kisahasalusul.blogspot.com/