6 Fungsi Seni Rupa Dari Banyak Sekali Sudut Pandang Dan Contoh

Banyak seniman yang telah terlahir ke dunia. Mereka membuat bermacam-macam karya seni rupa yang sangat menggelitik dan menarik bagi semua orang, termasuk kita. Ada di antaranya yang berupa lukisan, patung, mozaik, kaligrafi, dan masih banyak lagi. Namun, dari keadaan ini, sebetulnya ada sebuah pertanyaan menarik terkait dengan lahirnya seni rupa di dunia. Ya, apa gotong royong fungsi seni rupa bagi kehidupan kita, umat manusia? Apa keuntungannya dan menyerupai apa kegunaannya?

Fungsi Seni Rupa

Allah semesta alam membuat sesuatu niscaya lantaran sebab. Begitupun ketika Ia membuat bermacam-macam seni rupa. Seni rupa ternyata mempunyai berbagai fungsi, bukan hanya bagi para seniman yang membuatnya, melainkan juga bagi para penikmat karya seni rupa tersebut. Adapun menurut subjek yang merasakannya, fungsi seni rupa dibagi menjadi 2, yaitu fungsi individual dan fungsi sosial.

1. Fungsi Indivudual

Fungsi individual ialah fungsi seni rupa yang hanya sanggup dinikmati oleh para pembuat seni rupa itu sendiri, dalam hal ini tentunya ialah para seniman. Ada 2 fungsi individual dari seni rupa yaitu sebagai pemenuhan kebutuhan fisik dan sebagai pemenuhan kebutuhan emosional.

Banyak seniman yang telah terlahir ke dunia 6 Fungsi Seni Rupa dari Berbagai Sudut Pandang dan Contoh

a. Sebagai pemenuhan kebutuhan fisik

Manusia ialah mahluk yang mempunyai banyak kebutuhan, salah satunya ialah kebutuhan fisik. Dalam hal ini, seni rupa terapan yang merupakan salah satu cabang seni berdasar kegunaannya sanggup memenuhi kebutuhan tersebut. Contoh-contoh yang sanggup kita temukan contohnya penerapan seni dalam bidang arsitektur (bangunan), furniture (kelengkapan), tekstil, serta seni kerajinan.

b. Sebagai pemenuhan kebutuhan emosional

Fungsi seni rupa juga sanggup sebagai alat pemenuhan kebutuhan emosional seseorang. Perasaan gembira, sedih, cinta, benci, jengkel dan lain sebagainya sanggup dituangkan melalui seni rupa. Beberapa karya seni rupa yang ada ketika ini bahkan sangat terperinci menggambarkan emosional pembuatnya. Hal ini terkait dengan jenis seni rupa kontemporer. [BACA JUGA: Tokoh Seni Rupa Indonesia]


2. Fungsi Sosial

Selain sanggup bermanfaat bagi para pembuatnya, seni rupa juga mempunyai banyak fungsi bagi masyarakat. Fungsi ini disebut fungsi sosial. Adapun fungsi sosial dari seni rupa tersebut antara lain:

Banyak seniman yang telah terlahir ke dunia 6 Fungsi Seni Rupa dari Berbagai Sudut Pandang dan Contoh

a. Sebagai sarana rekreasi

Banyaknya kegiatan harian yang dilakukan, sering kali membuat seseorang mengalami rasa jenuh. Kejenuhan ini tak lain hanya sanggup diobati dengan penyegaran. Selain dengan melihat seni yang tercipta di alam, penyegaran dalam menghilangkan rasa jenuh juga sanggup dilakukan dengan memeriksa hasil karya seni rupa yang biasa tersedia di pameran, pagelaran musik, dan pertunjukan seni rupa lainnya. Inilah fungsi seni rupa yang paling utama sebagai sarana rekreasi.

b. Sebagai sarana Komunikasi 

Bahasa merupakan sarana komunikasi yang paling umum dipakai setiap insan di dunia. Namun, ada beberapa orang ternyata mempunyai keterbatasan dalam penggunaan sarana tersebut. Sebagai solusi, penggunaan bahasa seni yang tertuang dalam sebuah karya seni (dalam hal ini termasuk seni rupa), sanggup menjadi alternatif bahasa universal yang justru sanggup dimengerti tanpa harus dibatasi oleh ruang dan waktu.

c. Fungsi Sosial di bidang Pendidikan

Pendidikan merupakan suatu perjuangan mengkondisikan transformasi pada pola pikir dan keterampilan seseorang biar menjadi lebih maju. Berdasarkan pengertian tersebut, seni juga berarti sanggup berfungsi sebagai sarana pendidikan. Melalui seni, pendidikan diberikan melalui bahasa universal yang terkandung pada nilai estetika sebuah pertunjukan seni. Fungsi seni rupa dalam hal ini ialah sebagai pembimbing dan pendidikan mental bagi seseorang serta sanggup menumbuhkan pengalaman adab dan estetika.

d. Fungsi Sosial Seni di bidang Rohani

Fungsi seni rupa yang terakhir ialah sebagai sarana kerohanian. Menurut Kar Barth, keindahan sejatinya bersumber dari Tuhan. Agama ialah wangsit seni yang berfungsi untuk membekaskan pengalaman-pengalaman religi. Oleh lantaran itu, melalui seni, peningkatan kerohanian seseorang akan sanggup lebih efektif dibandingkan penyaluran yang bebas dari nilai-nilai seni.

Nah, demikianlah beberapa fungsi seni rupa ditinjau dari beberapa sudut pandang. Semoga dengan disertai beberapa contoh, pembahasan mengenai fungsi seni rupa ini sanggup lebih gampang dipahami. Terimakasih.
Sumber http://kisahasalusul.blogspot.com/