Macam Macam Seni Rupa Menurut Wujud, Masa, Fungsi, Dan Contohnya

Seni rupa merupakan salah satu cabang seni yang cukup dikenal dan diminati sebagian besar masyarakat Indonesia. Berbagai karya yang dihasilkan dari seni rupa ini terlihat lebih menarik dibandingkan karya yang dihasilkan dari cabang seni lainnya. Beberapa karya tersebut misalnya, lukisan, kaligrafi, patung, dan mozaik. Adapun menurut pada beberapa hal, seni rupa dibedakan menjadi beberapa macam. Pada artikel ini, kita akan membahas seputar macam macam seni rupa tersebut secara lebih lengkap, semoga Anda tidak resah mengkategorikan suatu karya seni yang Anda temui nantinya.

Macam-Macam Seni Rupa

Macam macam seni rupa sanggup dibedakan menurut wujudnya, masa, dan fungsinya. Berdasarkan wujudnya, karya berdasarkan fungsinya, macam macam seni rupa dibedakan menjadi seni rupa murni dan seni rupa terapan.

Seni rupa merupakan salah satu cabang seni yang cukup dikenal dan diminati sebagian besar  Macam Macam Seni Rupa Berdasarkan Wujud, Masa, Fungsi, dan Contohnya

1. Berdasarkan Wujudnya

Berdasarkan wujudnya, seni rupa dibedakan menjadi seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi. Seni rupa 2 dimensi yaitu seni rupa yang wujudnya hanya terdiri dari 2 dimensi, yaitu dimensi panjang dan dimensi lebar. Contoh seni rupa 2 dimensi antara lain lukisan, batik, sketsa, kaligrafi, dan seni ilustrasi. Sedangkan seni rupa 3 dimensi adalah seni rupa yang wujudnya terdiri dari 3 dimensi, yaitu panjang, lebar, dan tinggi atau kedalaman. Contoh seni rupa 3 dimensi misalnya, patung, dekorasi, bangunan, dan lain sebagainya.


2. Berdasarkan Massanya

Berdasarkan masa atau waktu munculnya, seni rupa dibedakan menjadi 3 macam. Macam macam seni rupa tersebut antara lain:
  1. Seni rupa tradisional adalah seni rupa yang dibentuk memakai aturan, pakem, atau contoh tertentu. Karya seni ini diciptakan secara berulang-ulang mirip bentuk aslinya dan dihentikan diubah apapun alasannya. Oleh sebab hal tersebut, macam karya seni rupa yang satu ini bersifat statis. Contohnya antara lain patung dewa, rumah adat, senjata adat, dan pakaian adat.
  2. Seni rupa modern yaitu seni rupa yang muncul menurut kreativitas pembuatnya dalam membuat sebuah karya yang belum pernah ada sebelumnya. Seni rupa modern mengutamakan prinsip pembaruan. Contoh seni rupa ini antara lain berupa grafis, lukisan, karikatur digital, patung mozaik, dan kriya.
  3. Seni rupa kontemporer yaitu karya seni rupa yang kemunculannya sangat dipengaruhi waktu di mana karya seni tersebut dibuat. Seni rupa kontemporer bersifat kekinian. Situasi dan kondisi dikala karya tersebut diciptakan sangat tergambar terang dari karya seni yang dihasilkan. Daya fantasi, imajinasi, dah cita-cita pembuatnya merupakan beberapa unsur yang tidak sanggup dilepaskan dari lingkungan sekitar kawasan dan waktu karya seni tersebut dibuat.

3. Berdasarkan Fungsinya

Berdasarkan fungsi dan kegunaannya, macam macam seni rupa dibedakan menjadi seni rupa murni dan seni rupa terapan.
  1. Seni rupa murni yaitu karya seni rupa yang dibentuk menurut tujuan estetika semata. Pembuatnya memakai karya seni rupa ini sebagai ungkapan wangsit dan gagasannya tanpa batasan apapun. Contoh karya seni rupa ini contohnya lukisan, patung, kaligrafi, dan lain sebagainya.
  2. Seni rupa terapan adalah seni rupa yang dibentuk menurut pada tujuan-tujuan mudah dalam kehidupan sehari-hari. Kita sanggup memakai karya seni ini bukan hanya sebagai pengindah, melainkan juga sebagai pembantu dalam acara kita. Contoh karya seni rupa terapan contohnya rumah adat, senjata tradisional, keramik, arsitektur, dan lain sebagainya.

Demikianlah pembahasan mengenai macam-macam seni rupa, baik menurut wujud, masa, maupun menurut fungsi dan kegunaannya. Semoga sanggup membantu dan silakan dibagikan ke teman-teman Anda yang sekiranya membutuhkan artikel ini. Terimakasih.
Sumber http://kisahasalusul.blogspot.com/