7 Referensi Karya Seni Rupa Terapan Nusantara Dan Gambarnya

Berdasarkan asalnya, seni rupa terapan dibedakan menjadi seni rupa terapan nusantara dan seni rupa terapan modern. Jika seni rupa terapan modern ialah seni rupa yang berasal dan muncul akhir dari perpaduan kebudayaan masa kini, maka seni rupa terapan nusantara ialah seni rupa yang justru murni berasal dari kebudayaan nusantara Indonesia di masa silam. Bagi Anda yang belum mengetahui apa saja contoh karya seni rupa terapan nusantara ini, simaklah pembahasan berikut!

Contoh Karya Seni Rupa Terapan Nusantara

Seni rupa terapan nusantara ialah seni rupa terapan yang lahir dari kebudayaan masyarakat nusantara dari masa ke masa. Menyadari bahwa luas negara kita yang begitu besar, maka seni rupa terapan yang dimiki oleh banga ini pun menjadi sangat bermacam-macam jenis dan macamnya. Namun, secara umum semuanya terangkum dalam 7 rujukan berikut ini.

 terapan nusantara dan seni rupa terapan modern 7 Contoh Karya Seni Rupa Terapan Nusantara dan Gambarnya

1. Rumah Adat

Contoh seni rupa terapan nusantara yang pertama ialah rumah adat. Rumah susila ialah rumah yang arsitekturnya dimiliki dan lahir dari kebudayaan masyarakat susila atau suku-suku yang tersebar di nusantara. Sedikitnya, Indonesia mempunyai 35 rumah susila dari masing-masing provinsi yang dimilikinya. Misalnya rumah susila Krong Bade yang berasal dari Aceh, rumah susila Limas dari Sumatera Selatan, rumah Joglo dari DI Jogjakarta, rumah Lamin dari Kalimantan Timur, dan lain sebagainya. Untuk mengetahui daftar rumah susila di Indonesia, Anda sanggup berkunjung ke artikel ini.


2. Alat Transportasi Tradisional

Alat transportasi tradisional juga merupakan salah satu contoh karya seni rupa terapan nusantara. Selain mempunyai nilai estetis, alat transportasi tradisional ibarat becak, perahu, delman, dan pedati juga mempunyai nilai mudah sebagai sarana mobilitas masyarakat. Perkembangan alat transportasi tradisional secara perlahan telah mengalami pergeseran. Penggunaannya sekarang terbatas sebagai sarana wisata di tengah semakin maju dan beragamnya moda transportasi modern.

 terapan nusantara dan seni rupa terapan modern 7 Contoh Karya Seni Rupa Terapan Nusantara dan Gambarnya

3. Senjata Tradisional

Senjata tradisional yang pada masa silam berfungsi sebagai sarana untuk berburu, berperang, bekerja, dan sebagai benda pusaka, juga dianggap sebagai salah satu rujukan seni rupa terapan nusantara alasannya keunikan dan nilai estetis yang milikinya. Beberapa senjata tradisional tersebut antara lain celurit dari Madura, keris dan Jawa Tengah, mandau dari Kalimantan, kujang dari Jawa Barat, dan lain sebagainya.

 terapan nusantara dan seni rupa terapan modern 7 Contoh Karya Seni Rupa Terapan Nusantara dan Gambarnya

4. Pakaian Adat

Suku-suku di Indonesia mempunyai ciri khas pakaian adatnya masing-masing. Pakaian susila ini bekerjsama juga merupakan rujukan seni rupa terapan nusantara mengingat bahwa mereka selain mempunyai nilai mudah sebagai pemenuhan kebutuhan sandang, juga mempunyai nilai estetis dari keindahan yang dimilikinya. Fungsi seni rupa terapan dari pakaian susila sanggup dirasakan bagi para penggunanya.

 terapan nusantara dan seni rupa terapan modern 7 Contoh Karya Seni Rupa Terapan Nusantara dan Gambarnya
  • Tenun ialah salah satu teknik pembuatan kain yang merupakan warisan dari nenek moyang Bangsa Indonesia di masa silam. Ada bermacam-macam teknik tenun yang sanggup digunakan, antara lain tentun sulam, tenun tapis, tenun mesin dan lain sebagainya.
  • Batik ialah kain yang dihias sedemikian rupa memakai gambar-gambar tertentu  melalui proses printing atau canting. Batik ada bermacam-macam jenisnya, yang paling populer contohnya batik pekalongan dan batik solo.

 terapan nusantara dan seni rupa terapan modern 7 Contoh Karya Seni Rupa Terapan Nusantara dan Gambarnya

5. Seni Kriya

Beberapa karya dari seni kriya juga merupakan rujukan dari seni rupa terapan nusantara. Seni kriya sendiri ialah seni kerajinan tangan yang menghasilkan barang jadi siap pakai. Bebapa diantaranya antara lain anyaman bambu yang dipakai sebagai dinding rumah, gerabah sebagai perabotan rumah tangga, sepatu dari seni kriya kulit, dan lain sebagainya.

Demikianlah beberapa contoh seni rupa terapan nusantara yang sanggup kami sampaikan di kesempatan kali ini. Semoga sanggup menambah wawasan Anda sekalian. Terima kasih.
Sumber http://kisahasalusul.blogspot.com/