Seni Rupa Murni Dan Terapan : Pengertian Dan Contohnya

Berdasarkan fungsinya, seni rupa terbagi menjadi 2 jenis, yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan.

Apakah seni rupa murni dan terapan itu? Seni rupa murni yaitu seni rupa yang hanya memfokuskan karyanya pada nilai-nilai estetika semata, contohnya lukisan, patung, atau benda-benda pajangan. Sedangkan seni rupa terapan yaitu seni rupa yang selain memfokuskan karyanya pada nilai estetika juga memperhatikan nilai-nilai simpel dalam penggunaan karya seni tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas seputar perbedaan seni rupa murni dan terapan tersebut disertai beberapa pola dan gambar benda-benda karya kedua seni rupa ini baik dalam wujud 2 dimensi maupun 3 dimensi. Silakan disimak!

 Seni rupa murni yaitu seni rupa yang hanya memfokuskan karyanya pada nilai Seni Rupa Murni Dan Terapan : Pengertian dan Contohnya

Seni Rupa Murni dan Terapan

Perbedaan fundamental yang ada antara karya seni rupa murni dan terapan terletak pada bagaimana karya tersebut digunakan.

1. Pengertian Seni Rupa Murni

Karya seni rupa murni yaitu karya yang benar-benar murni berfungsi sebagai pengindah dan peningkat rasa kesukaan. Penggunaannya hanya terbatas pada pajangan sebagai pemikat ketertarikan manusia. Beberapa pola seni terapan murni antara lain lukisan, patung, relief, dan kaligrafi.

a. Lukisan

Lukisan dari bermacam-macam anutan seni rupa mempunyai fungsi yang sama saja. Mereka dibentuk hanya sekedar sebagai pajangan untuk memperindah isi suatu ruangan. Terlepas dari itu, karya seni rupa yang satu ini tidak sanggup difungsikan untuk hal-hal lain yang lebih bermanfaat. Ini yaitu salah satu pola dari seni rupa modern yang paling sering kita temukan.


b. Patung

Sama halnya menyerupai lukisan, patung pun hanya sanggup dimanfaatkan nilai estetikanya saja. Kadang kali memang beliau mempunyai kegunaan sebagai ciri khas suatu kawasan atau tempat. Namun, kegunaan itu tidak menciptakan beliau tergolong sebagai pola seni rupa terapan alasannya yaitu nilai estetisnya lebih besar dibandingkan dengan nilai praktisnya.

c. Relief

Pada candi-candi atau bangunan-bangunan lama, kita sering menjumpai adanya pahatan-pahatan dengan pola tertentu. Pahatan-pahatan inilah yang dinamakan dengan relief. Relief merupakan pola seni rupa murni 2 dimensi. Kegunaannya tak lain hanya sekedar penghias belaka.

d. Kaligrafi

Kaligrafi merupakan seni peninggalan sejarah Islam di Indonesia. Kita sanggup menemui karya seni ini di tempat ibadah, kitab suci, atau lukisan-lukisan bernuansa Islam. Sama menyerupai pola seni rupa murni lainnya, kaligrafi juga hanya sanggup dimanfaatkan nilai estetikanya saja.

2. Seni Rupa Terapan

Lain halnya dengan seni rupa murni, seni rupa terapan selain berfokus pada nilai-nilai keindahan (estetika) juga benar-benar memperhatikan nilai simpel atau kegunaan dari suatu karya dalam menunjuang kebutuhan hidup manusia. Seni ini mengalir dan menyatu dalam benda-benda yang diharapkan insan dalam kehidupannya sehari-hari. Adapun beberapa pola seni rupa terapan antara lain rumah, dekorasi,  busana, dan seni kriya.

 Seni rupa murni yaitu seni rupa yang hanya memfokuskan karyanya pada nilai Seni Rupa Murni Dan Terapan : Pengertian dan Contohnya

a. Rumah atau Bangunan

Seni arsitektur telah berhasil memadukan kebutuhan insan akan hunian yang kondusif dan abadi dengan nilai-nilai seni dan keindahan. Kita sanggup melihat bagaimana sebuah rumah didesain dengan sangat kokoh sekaligus nyaman untuk ditinggali. Ini merupakan salah satu pola seni rupa terapan yang paling gampang kita jumpai.

b. Dekorasi

Dalam sebuah acara, dekorasi ruangan memegang peranan penting dalam keberlangsungan sebuah perhelatan. Dekorasi dirancang dengan berpagut pada nilai-nilai estetis sekaligus menunjang bagaimana jalannya program biar sanggup berlangsung dengan baik.

c. Busana

Kain batik dan tenun merupakan bukti karya seni terapan yang sanggup kita jumpai sehari-hari. Pakaian yang kita kenakan selain dibentuk senyaman mungkin juga dibentuk seindah mungkin biar penampilan kita yang mengenakannya terkesan lebih menarik.

d. Seni Kriya

Contoh seni rupa terapan selanjutnya sanggup ditemukan pada seni kriya atau kerajinan tangan. Anyaman bambu, peralatan masak dari logam, gerabah, dan batu, atau sepatu dan tas yang dibentuk dari materi kulit merupakan bukti bahwa seni telah menyatu dengan kehidupan kita sehari-hari.

Nah, demikianlah pengertian seni rupa murni dan terapan beserta contoh-contoh karyanya yang sanggup kita temui sehari-hari. Semoga sanggup menambah wawasan seni bagi kita semua. Salam.
Sumber http://kisahasalusul.blogspot.com/