8 Unsur Unsur Seni Musik Dan Penjelasannya Lengkap

Musik, siapa yang tak suka dengan cabang seni yang satu ini? Saya yakin Anda semua menyukainya. Perpaduan yang unik dan menarik dari setiap unsur pembentuk musik telah memanjakan indra indera pendengaran dan otak kita sehingga mereka bisa refresh dari kepenatan yang hadir sehabis menjalani acara harian. Unsur-unsur seni musik yang menyatu dan membentuk alunan musik secara alamiah bisa menghipnotis perasaan dan pikiran manusia.

Unsur Unsur Seni Musik

Masuk lebih dalam ke pemahaman seni musik, dasar pertama yang harus kita ketahui ialah unsur unsur seni musik itu sendiri. Perlu Anda ketahui bahwa, musik terdiri atas 8 unsur pembentuk. Unsur-unsur musik tersebut antara lain melodi, irama, birama, tangga nada, harmoni, tempo, dinamika, dan timbre.

 siapa yang tak suka dengan cabang seni yang satu ini 8 Unsur Unsur Seni Musik dan Penjelasannya Lengkap

1. Melodi

Melodi ialah suatu kesatuan frase yang terdiri dari nada-nada dengan urutan, interval, dan tinggi rendah yang teratur.  Di antara unsur-unsur seni musik yang lain, melodi diannggap sebagai unsur yang menjadi daya tarik musik itu sendiri. Adapun untuk menghasilkan melodi, para seniman musik biasanya memakai perkusi atau alat musik melodis lainnya menyerupai piano, gitar, atau bonang.

2. Irama

Irama (ritme) ialah pergantian panjang pendek, tinggi rendah, dan keras lembut nada atau suara dalam suatu rangkaian musik. Secara sederhana, irama sanggup didefiniskan sebagai penentu ketukan dalam musik. Adapun timbulnya unsur seni musik yang satu ini biasanya disebabkan oleh perulangan bunyi, panjang pendek kata dalam lagu, atau lantaran pergantian tekanan-tekanan kata.

3. Birama

Birama ialah unsur seni musik yang berupa ketukan atau ayunan berulang-ulang yang tiba dengan teratur pada waktu yang sama. Penulisan birama biasanya ditulis dalam angka penggalan menyerupai 2/4, 3/4, 2/3, dan seterusnya. Angka di atas tanda “/” (pembilang) pertanda jumlah ketukan, sedangkan angka di atas tanda “/” (penyebut) pertanda nilai nada dalam satu ketukan. Birama yang nilai penyebtnya genap disebut birama bainar, sedangkan birama yang penyebutnya ganjil disebut birama ternair.


4. Harmoni

 siapa yang tak suka dengan cabang seni yang satu ini 8 Unsur Unsur Seni Musik dan Penjelasannya Lengkap
Harmoni ialah sekumpulan nada yang jika dimainkan bahu-membahu menjadi suara yang lezat di dengar. Harmoni juga bisa di artikan sebagai suatu rangkaian akord-akord yang disusun selaras dan dimainkan sebagai iringan musik.

5. Tangga Nada

Tangga nada ialah deret nada yang disusun berjenjang dan dimainkan sebagai unsur penting dalam pertunjukan seni musik. Ada 2 jenis tangga nada, yaitu tangga nada diatonis dan tangga nada pentatonis. Tangga nada diantonis ialah tangga nada yang terdiri dari 7 buah nada dengan 2 jenis jarak (1/2 dan 1), sedangkan tangga nada diatonis ialah tangga nada yang terdiri dari 5 buah nada dengan jarak tertentu.

6. Tempo

Tempo ialah ukuran kecepatan birama lagu. Semakin cepat suatu lagu dimainkan, maka semakin besar juga nilai tempo dari lagu tersebut. Unsur-unsur seni musik yang satu ini digolongkan menjadi 8, yaitu Largo (Lambat Sekali), Lento (Lebih Lambat), Adagio (Lambat), Andante (Sedang), Moderato (Sedang Agak Cepat), Allegro (Cepat), Vivace (Lebih Cepat), dan Presto (Cepat Sekali).

7. Dinamik

Dinamika ialah tanda untuk memainkan nada dengan volume nyaring atau lembut. Di antara unsur-unsur seni musik yang lain, dinamika menjadi unsur yang paling berpengaruh pertanda perasaan yang terkandung dalam suatu komposisi musik. Dinamika penting untuk pertanda apakah sebuah lagu mempunyai nuansa sedih, riang, agresif, dan datar. Dinamika dinyatakan dalam bahasa latin yaitu piano yang menyatakan lembut dan forte yang menyatakan nyaring.  Dinamika dinotasikan dalam akronim sebagai berikut f (forte), ff (fotissimo), fff (forte fortissimo), mf (mezzo forte), p (piano), pp (pianissimo), ppp (piano pianissimo), mp (mezzo piano), > (crescendo), dan < (decrescendo).

8. Timbre

Timbre ialah kualitas atau warna bunyi. Unsur seni musik satu ini keberadaannya sangat dipengaruhi sumber suara dan cara bergetarnya. Timbre yang dihasilkan alat musik tiup niscaya akan berbeda dengan timbre yang dihasilkan dari alat musik petik, meskipun keduanya dimainkan dalam nada yang sama.

Demikianlah unsur-unsur seni musik beserta keterangan dan penjelasannya. Semoga apa yang kami sampaikan ini sanggup bermanfaat bagi Anda yang membutuhkannya. Salam.
Sumber http://kisahasalusul.blogspot.com/