10 Referensi Seni Rupa Murni, Gambar, Dan Keterangannya

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas wacana pengertian seni rupa murni. Di antara Anda mungkin ada yang masih belum paham wacana menyerupai apa bekerjsama fungsi dan jenis-jenis seni rupa murni itu. Nah, untuk semakin memperjelas pemahaman Anda, di kesempatan kali ini, kita akan membahas 10 contoh seni rupa murni lengkap dengan gambar dan keterangannya baik itu yang berwujud 2 atau 3 dimensi, maupun yang berasal dari tempat di nusantara atau mancanegara. Silakan disimak!

Contoh Seni Rupa Murni

Berbeda dengan seni rupa terapan, seni rupa murni hanya berfokus wacana bagaimana suatu karya yang dihasilkan sanggup mempunyai nilai estetis yang tinggi, tanpa menghiraukan nilai mudah dan kegunaannya dalam membantu kehidupan manusia. Seni rupa murni sendiri biasanya berfungsi sebagai pajangan saja. Di antara banyak karya yang dihasilkannya, 10 pola seni rupa murni menyerupai patung, relief, lukisan, dan lainnya di bawah ini mungkin sanggup menciptakan Anda semakin memahami hakikat bekerjsama dari seni rupa murni.

 kita telah membahas wacana pengertian seni rupa murni 10 Contoh Seni Rupa Murni, Gambar, dan Keterangannya

1. Patung

Patung yaitu seni rupa murni 3 dimensi yang merupakan hasil dari mulut jiwa yang diungkapkan dalam bentuk visual untuk tujuan estetis. Biasanya,patung diletakan di lobi gedung, di atas meja, taman, atau persimpangan jalan. Adapun wujudnya patung umumnya berupa sosok makhluk mitologiatau makhluk hidup menyerupai hewan, tumbuhan, dan manusia.

2. Relief

Reliefadalah seni lukis yang berwujud 3 dimensi namun dituangkan di atas bidang 2 dimensi. Relief sanggup ditemukan pada candi, musium, atau tugu peringatan. Biasanya, pola seni rupa murni satu ini berisi diorama yang mengandung nilai sejarah tertentu.


3. Lukisan

Lukisan yaitu pola seni rupa murni 2 dimensi yang dibentuk dengan mengoleskan cat memakai kuas atau peralatan lain pada sebuah media kanvas. Lukisan hanya berkhasiat sebagai pengindah dekorasi ruangan. Ia tidak mempunyai nilai mudah apapun.

4. Karikatur

Seni karikatur telah mengalami perkembangan yang luar biasa sampaumur ini. Seni ini juga merupakan pola seni rupa murni alasannya pemanfaatannya hanya sekedar dilihat dari nilai estetikanya saja.

5. Kriya Keramik

Kriya keramik yang menghasilkan karya-karya berupa guci atau piring hias yaitu pola seni rupa murni yang tidak sanggup dilupakan begitu saja. Guci atau keramik mustahil dipakai dalam memudahkan hidup kita. Piring hias misalnya, meski sanggup dipakai untuk tempat makan, namun lebih sempurna rasanya kalau ia hanya dipakai sebagai pajangan.

6. Seni Kaligrafi

Seni kaligrafi yaitu pola karya seni rupa yang lebih menekankan keindahan. Bentuk-bentuk abjad disusun dan dimodifikasi sehingga terlihat menarik dan mempunyai nilai estetis. Huruf sanggup disusun menjadi kaligrafi contohnya abjad Hijaiyah, abjad Jawa, abjad Jepang, dan lain-lain.

7. Mosaik

Mosaik yaitu karya seni rupa murni yang dibentuk dengan merangkai potongan kecil atau bagian darikeramik, batu, kulit telur, atau kaca. Mosaik sanggup kita temukan di rumah, gereja, atau arsitektur romawi. Meski dibentuk secara sederhana, namun kalau dilihat dengan seksama, mosaik kadang kali mempunyai nilai estetis yang tinggi.

8. Seni Ukir

Seni ukir yaitu seni memahat atau mengukir kayu atau watu menjadi suatu bentuk tertentu. Sama halnya menyerupai seni patung, bentuk tabrakan yang dibentuk pada umumnya berupa mahluk hidup. Ukiran biasanya menjadi hiasan dalam ruangan atau benda-benda pakai menyerupai dingklik kayu, meja, dipan, lemari, dan lain sebagainya.

9. Fotografi

Seiring kemajuan teknologi kamera, seni fotografi sekarang kian digemari kaula muda. Mereka memakai fotografi sebagai alat untuk berekspresi. Fotografi sendiri telah menjadi bisnis baru. Jasa fotografi untuk moment-moment penting begitu diminati di masa kini.

10. Topeng

Topeng yaitu benda seni yang difungsikan sebagai epilog wajah. Topeng mempunyai ekspresi-ekspresi tertentu, menyerupai marah, sedih, kecewa, senang, dan lain sebagainya. Contoh seni rupa murni satu ini sanggup dibentuk dari kertas karton, plastik fiber, kain, kayu, atau logam.

Demikianlah 10 pola seni rupa murni yang sanggup dibahas di kesempatan kali ini. Semoga sanggup bermanfaat dan sanggup menciptakan Anda semakin memahami hakikat dari pengertian seni rupa. Salam.
Sumber http://kisahasalusul.blogspot.com/