Macam Macam Seni Rupa Dan Penjelasannya Lengkap

Setelah mempelajari pengertian seni rupa, fungsi, unsur-unsur, serta prinsip-prinsipnya, pada artikel kali ini kita akan mengulas perihal macam-macam seni rupa. Pemahaman mengenai bahasan ini penting untuk menggenapkan pengetahuan Anda perihal apa tolong-menolong hakikat dari seni rupa, sebelum Anda masuk dan mengenali contoh-contoh seni rupa yang ada di lingkungan sekitar Anda. Mari simak!

Macam Macam Seni Rupa

Merunut pada pengertian seni rupa, sanggup kita simpulkan bahwa segala benda yang mempunyai nilai keindahan (estetis) hasil dari proses panjang dan wangsit yang kreatif yaitu tergolong ke dalam pola karya seni rupa. Contoh-contoh seni rupa tersebut menurut prosesnya dibedakan menjadi beberapa macam. Adapun kami telah merangkum macam-macam seni rupa tersebut, khususnya yang paling terkenal di kalangan masyarakat kita. Macam-macam seni rupa yang kami rangkum itu antara lain seni lukis, seni grafis, seni patung, seni instalasi, seni pertunjukan, seni kriya, dan seni arsitektur.

 pada artikel kali ini kita akan mengulas perihal  Macam Macam Seni Rupa dan Penjelasannya Lengkap

1. Seni Lukis

Seni lukis yaitu cabang dari seni rupa yang merupakan pengembangan lebih utuh dari aktivitas menggambar. Di antara macam-macam seni rupa yang lain, seni lukis dianggap sebagai cabang seni yang paling sanggup menggambarkan suasana hati para pembuatnya. Adapun ditinjau secara lebih dalam, seni lukis ternyata mempunyai beberapa anutan menyerupai halnya seni-seni yang lain. Di antara anutan seni lukis tersebut contohnya anutan naturalisme, imperialisme, abstraksionisme, dan kubisme. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai aliran-aliran seni lukis tersebut, Anda sanggup berkunjung ke artikel ini.

2. Seni Grafis

Macam macam seni rupa selanjutnya yaitu seni grafis. Seni grafis yaitu salah satu cabang seni rupa yang mulai berkembang di masa modernisasi. Karya dari seni ini dibentuk melalui proses pencetakan. Teknologi komputerisasi menjadi elemen penting dalam proses pembuatannya. Logo, karikatur digital, seni fotografi dan gambar ilustrasi merupakan beberapa pola karya yang dihasilkan dari seni ini.

3. Seni Patung

Di antara macam macam seni rupa yang lain, seni patung dianggap sebagai seni yang punya sejarah paling tua. Keberadaan diketahui telah mulai berkembang semenjak zaman purba kala. Dahulu seni patung sering dikaitkan dengan nilai-nilai religius dan keagamaan. Namun, sekarang pola seni rupa 3 dimensi satu ini lebih besar lengan berkuasa dianggap sebagai perwujudan nilai-nilai estetika.

4. Seni Pertunjukan

Konsep dan pengertian seni modern menganggap kalau seni pertunjukan juga termasuk perwujudan macam macam seni rupa. Seni ini dihasilkan dari agresi individu atau kelompok di waktu dan daerah tertentu. Adapun dalam proses pembuatannya, seni pertunjukan tidak akan lepas dari empat unsur, menyerupai waktu, ruang, badan si seniman, dan hubungan seniman dengan penonton. Beberapa pola seni pertunjukan antara lain seni akrobat, mengamen, komedi/lawak, tari, pentas musik, opera, sulap, dan seni teater.

 pada artikel kali ini kita akan mengulas perihal  Macam Macam Seni Rupa dan Penjelasannya Lengkap

5. Seni Kriya

Seni kriya yaitu cabang seni yang lebih mengandalkan keterampilan tangan dan pengolahan materi baku yang ditemukan di lingkungan. Adapun menurut materi bakunya, seni kriya sanggup digolongkan menjadi kriya tekstil, kriya kayu, kriya keramik, kriya rotan, kriya logam, kriya kulit, dan kriya bambu. Hasil karya seni kriya umumnya termasuk jenis seni rupa terapan.

6. Seni Arsitektur

Seni arsitektur atau seni instalasi yaitu seni merancang bangunan, lingkungan, perencanaan kota, lanskap, atau desain produk. Selain memperhatikan nilai estetisnya, seni arsitektur berbagi nilai mudah dari karya yang dihasilkan.

Demikianlah pembahasan mengenai macam macam seni rupa yang sanggup kami sampaikan pada artikel kali ini. Apakah ada di antara Anda yang sanggup menyebutkan macam seni rupa yang lain? Silakan cantumkan pendapat Anda pada kolom komentar.
Sumber http://kisahasalusul.blogspot.com/